oleh

Celuk Jewerly Festival ( CJF ) Membangkitkan Warisan Seni Kerajinan Perak dan Emas 100 Tahun lalu

Berangkat dari rasa kepedulian masyarakat Desa Celuk terhadap warisan seni kerajinan perak dan emas, sekelompok anak muda bersama para tokoh desa menggagas sebuah event yang bertajuk Celuk Jewelry Festival (CJF), momentum bersatu dan bangkitnya Desa Celuk. Kegiatan ini juga menjadi salah satu aksi nyata dalam mendukung upaya pemerintah untuk mempersiapkan seluruh komponen masyarakat dalam rangka menghadapi persaingan Global dan MEA.

CJF pertama ini dilaksanakan sudah berlangsung sejak 6 Agustus lalu, berakhir Minggu (14/8 )bertempat di Wantilan Pura Desa Celuk, Jalan Setra Celuk, No 1, Br. Celuk, Desa Celuk, Kec. Sukawati-Gianyar., Saat ini banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri, Mereka selain membeli perhiasan, produk dari tangan tagan trampil krama Celuk, juga dengan seksama memperhatikan cara pembuatan perhiasan atau aksesoris baik terbuat adari emas , perak atau logam yang sudah sangat terkenal dimanca negara.

CJF yang Membawa misi untuk mengkampanyekan Desa Celuk sebagai salah satu pusat industri kerajinan perak dan emas di Bali sekaligus salah satu daerah tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Bali, beberapa organisasi masyarakat di Desa Celuk antara lain, STT Yowana Jaya Celuk, Celuk Design Centre, Pokdarwis Celuk Silver Village, dan juga organisasi Sport Celuk bekerjasama untuk mewujudkan festival ini. Selain itu event ini juga diharapkan dapat mempersatukan masyarakat Desa Celuk agar mampu melangkah bersama dalam meningkatkan perekonomian Desa Celuk.

Melalui Celuk Jewelry Festival ini, masyarakat di Celuk juga berkesempatan untuk mempromosikan dan menjual hasil karya dan kreatifitas mereka.Dalam gelaran perdana ini, Celuk Jewelry Festival mengangkat tema perayaan 100 tahun Desa Celuk sebagai desa pengerajin perhiasan perak dan emas di Bali. Sejalan dengan misi perayaan tersebut, event ini dikemas dalam beberapa rangkaian acara, diantaranya, lomba design perhiasan, lomba photografi perhiasan, pameran perhiasan, fashion show perhiasan, seminar, workshop, pagelaran seni budaya, turnamen olahraga, dan bazar kuliner.

Membahas Celuk Jewelry Festival lebih jauh, Gede Dody Sanajaya, ST., MMKom, seorang trainer, konsultan, sekaligus dosen programming di beberapa perguruan tinggi IT di Bali, dihadirkan  pembicara dalam seminar kewirausahaan dan digital marketing  diadakan Minggu(14/8)Selain itu masyarakat juga dapat mengikuti workshop tentang proses pembuatan perhiasan perak.

Event ini turut menampilkan Jewelry Fashion Show dimana wardobenya akan disponsori oleh salah satu perancang busana ternama di Bali, Tjok Abi, dan dikolaborasikan dengan koleksi aksesoris dari para pengerajin perhiasan perak di Celuk. Tidak hanya para pengerajin perak, dalam festival ini masyarakat Celuk yang menggeluti bisnis di bidang kuliner juga berkesempatan memperkenalkan hidangan mereka dalam bazar kuliner yang akan bertempat di sekitar lokasi pameran perhiasan.

Event masyarakat Desa Celuk ini didukun  Indonesia yang menobatkan Desa Celuk sebagai Kampung UKM Digital, “ Kampung Digital  salah satu dari Corporate Social Responsibily (CSR) kami, Telkom mendirikan Broadband Learning Centre ( BLC) Celuk Silver Village,“ jelas GM PT Telkom, I Gusti Bagus Edwin C.R.M. Ranuh. Dengan dinobatkannya Desa Celuk sebagai Kampung UKM Digital,  nantinya  menjadi wadah bagi masyarakat pelaku UKM di Desa Celuk untuk belajar mengenai hal-hal  berkaitan dengan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Peresmian BLC dilaksanakan Sabtu (13/8 )bertepatan pembukaan pameran perhiasan Celuk Jewelry Festival. Dukungan serupa juga ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar yang bersedia membantu mengembangkan ekonomi kreatif dan inovatif serta potensi – potensi lain yang ada di Desa Celuk.

Festival ini diperuntukkan bagi masyarakat umum gratis. Ketua Pantia I Ketut Widi Putra, berharap  festival pertama Desa Celuk ini mampu menumbuhkan  kesadaran anak – anak muda Celuk akan peran mereka sebagai generasi penerus yang berkewajiban menjaga warisan seni kerajinan perak dan emas dari para leluhur di Celuk. ( Nani )

Komentar

News Feed