oleh

I MADE SUBRATA, CHA ; NETWORKING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HIDUP DAN KARIR

PROFILE, Baliinspirasi.com (15/7/2020)

Profesi Hotel General Manager bisa menjadi dambaan banyak orang, dan tentunya sangat bahagia sekali ketika seseorang yang awalnya tidak memimpikan hal tersebut ternyata dapat meraih posisi prestigious di dunia hospitality. Bekerja di hotel bukan hanya sekedar sebuah karir, apalagi bagi mereka yang menempati posisi strategis di pucuk pimpinan perusahaan. Mempelajari dan menambah wawasan kehidupan internasional merupakan bagian manfaat tidak langsung yang didapatkan sehingga mampu menjadi pribadi yang visioner dan open minded.

Sosok I Made Subrata, CHA adalah salah satu pemuda Bali yang berhasil dalam menapaki jenjang karirnya dengan gemilang melalui proses yang panjang dan penuh pembelajaran dalam setiap dimensi yang menjadi kebanggaannya. Kepala Bidang Keanggotaan pada DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali ini merupakan pria kelahiran Desa Bakas, Klungkung yang awalnya tidak pernah memiliki cita-cita menjadi seorang General Manager. Bahkan sejak setamat SMP di desanya, ia berniat untuk melanjutkan sekolah di bidang kejuruan guna mendapatkan pekerjaan secara langsung setelah tamat sekolah. Dengan cita-cita menjadi seorang guru yang mengabdikan dirinya pada kemajuan masyarakat saat itu, akhirnya Subrata mengurungkan niatnya dikarenakan sekolah kejuruan untuk keguruan seperti Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan Sekolah Guru Olahraga (SGO) keburu ditutup. Akhirnya mencoba ke sekolah perhotelan di kawasan Sanur, yakni Sekolah Menengah Teknologi Kerumahtanggaan Negeri (SMTKN) Denpasar yang kini bernama SMK Negeri 3 Denpasar.

“Masa kecil saya terlahir dan bertumbuh di desa membentuk pribadi saya hingga kini bahwa jika ingin hidup maju dan sejahtera maka kita harus bekerja keras. Saya yang menyadari kondisi ekonomi saat itu seketika berpikir bahwa saya harus cepat dapat pekerjaan setelah tamah sekolah, maka sekolah kejuruan menjadi pilihan saat itu “ kata Made Subrata mengingat masa remajanya. Perjuangan Subrata muda memang patut menjadi contoh bagi generasi muda saat ini, bahwa kendala keterbatasan biaya bukanlah suatu halangan dalam meraih sukses selama seseorang memiliki optimisme yang tinggi serta kemauan untuk meningkatkan kualitas diri secara konsisten. Selama menempuh pendidikan di tingkat SMA tersebut, dengan semangat mandiri dan kerja yang dari kecil sudah terbiasa di lakukan di sawah sambil memelihara ayam untuk biaya sekolah, saat sekolah kejuaran dilakoninya sambil bekerja di pantai sehingga sekaligus dapat melatih kemampuan bahasa asing dengan berinteraksi bersama para turis. Pengalaman tersebut menjadi hal yang sangat berarti dalam kehidupan dan karirnya hingga kini.

Setamat sekolah menengah atas bidang kejuruan tersebut, Subrata langsung mencoba bekerja di sebuah hotel dan bahkan hingga pernah di kirim oleh manajemen hotelnya untuk training ke luar negeri.  Berbagai posisi pernah ditempuhnya dari rank and file sejak tahun 1993 hingga menduduki posisi di managerial level sebagai Recreation Manager di sebuah hotel mewah di Jimbaran pada tahun 2004. Karirnya terus melonjak di beberapa property setelah itu, hingga kini sebagai Cluster General Manager untuk 2 properti milik pengusaha asing yang berlokasi di Legian dan Seminyak sejak 2015. Dengan total pengalaman  bekerja selama 27 tahun, Subrata berkesempatan bergabung pada 4 international hotel chains di Bali dan bahkan masuk dalam opening teams, hingga meraih predikat pengakuan internasional di bidang perhotelan sebagai Certified Hotel Administrator (CHA) dari American Hotel and Lodging Educational  Institute (AHLEI), USA.

Tentang kegiatannya di luar perusahaan, pria yang juga duduk sebagai komite pada Bali Villa Association (BVA) ini menyenangi kegiatan travelling, olah raga, membaca buku dan berkebun. “Saya merasakan manfaat luar biasa dari pergaulan yang saya ikuti, di asosiasi profesi maupun hotel kita bisa mendapatkan tambahan wawasan menyangkut banyak hal. Baik tentang skill competency, market and industry update, serta lainnya. Selama ikut dalam asosiasi saya lebih percaya diri dalam memantapkan posisi saya sebagai pimpinan perusahaan. Karena rekan-rekan kami semua memiliki visi dan misi yang sama yaitu saling support serta meningkatkan soliditas untuk kemajuan bersama. Berasosiasi dan ber-networking benar-benar media pembelajaran berorganisasi, tata kelola kehidupan dan hubungan sosial serta peningkatan karir kedepannya” jelas Subrata yang senang menghabiskan waktu liburnya selalu bersama keluarga baik ketika sedang di rumah, berlibur atau bahkan sekedar jalan-jalan di akhir pekan.

Kegiatan sosial juga hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh pria suami dari Ni Ketut Puspawati yang memiliki 3  putra dan putri ini. Pernah sebagai komite symposium Suksma Bali 2019, panitia gerakan bersih pantai World Clean Up Day, ngayah mereresik di pura-pura, panitia kegiatan tahunan Gema Perdamaian dan banyak pula mengikuti kegiatan donasi kemanusiaan yang diselenggarakan berbagai komunitas. “Hidup ini sangat singkat, tidak ada salahnya kita sedikit berbagi untuk alam dan sesama manusia. Terutama juga selalu bersyukur kepada Sang Pencipta bahwa kita telah diberikan jalan untuk membantu sesama. Dan sebagai insan pariwisata saya turut bangga bisa berkontribusi dalam penyelamatan dan pelestarian alam Bali demi keberlangsungan pariwisata untuk anak cucu kita kedepannya” demikian komitmen ayah dari Ni Putu Anna Tasya Pramesta Brata, Ni Made Emmy Pasya Permata Brata dan I Nyoman Peter Gio Permana Brata ini.

 

BIODATA PRIBADI

Nama Lengkap I Made Subrata, CHA
Pendidikan SMTK Negeri Denpasar (sekarang SMKN 3 Denpasar)
Pengalaman Kerja 2015 – Now    : Cluster General Manager
ANANTARA VACATION CLUB LEGIAN
&  AVANI SEMINYAK BALI RESORT
2013  –  2015  : Resort Manager
THE ELYSIAN BOUTIQUE VILLA HOTEL
2012 – 2013    : Executive Assistant Manager – Rooms
SHERATON BALI KUTA RESORT
2004 – 2012     : Rooms Division Manager
CONRAD BALI
1993 – 2004    Recreation ManagerStarted as Recreation Attendant
BALI INTERCONTINENTAL RESORT
Hobi Sport, travelling, reading a book, gardening, adventure
Pencapaian Rekognisi Certified Hotel Administrator (CHA), AHLEI – USA
Hotel Expert, BNSP RI
Asosiasi DPD IHGMA Bali , BVA

(SWA/BI)

Komentar

News Feed