oleh

Dengan Semangat MENYAMABRAYA, IHKA Bali Gelar Webinar di Hari Kebangkitan Nasional

Bapak I Made Suarsa, Ketua IHKA Bali yang menjadi inisiator Webinar IHKA Bali 2020

Dunia perhotelan yang sedang lesu di tengah pandemi COVID-19 ini diisi dengan kegiatan positif oleh para pimpinan divisi Housekeeping yang tergabung dalam Indonesian Housekeeper Association (IHKA) BPD Bali. Hal ini dikuatkan dengan keyakinan bahwa cepat atau lambat wabah Coronavirus pasti akan berakhir, untuk itu asosiasi profesi yang selalu solid dalam semangat “menyamabraya” ini berinisiatif untuk mempersiapkan hal strategis dalam menghadapi masa pemulihan (recovery) hingga normalisasi pasca wabah corona ini.

Menurut I Made Suarsa, Chairman of IHKA Bali yang merupakan inisiator kegiatan ini menyampaikan bahwa peran asosiasi senantiasa berkontribusi bagi anggota dan juga industri. Dalam release yang disampaikan sebelumnya Suarsa menjelaskan tentang program kerja IHKA Bali senantiasa mengedepankan semangat menyamabraya. Ditambahkannya, “Di IHKA Bali kita banyak memiliki program kerja termasuk CSR selain skill development sekarang ini. Untuk CSR, kita juga telah menyalurkan sumbangan bagi masyarakat yang membutuhkan terkait pandemi saat ini. Sama halnya dengan webinar ini, itu adalah representasi semangat menyamabraya di asosiasi kami ; saling menolong, saling menguatkan satu sama lain. Webinar ini juga untuk menguatkan skill kompetensi rekan-rekan menuju kondisi new normal kedepannya, selain untuk saling bertegur sapa di dunia online karena physical distancing“.

               Webinar IHKA Bali 20 Mei 2020

Selain untuk mengisi masa Work From Home, kegiatan yang dikemas dalam bentuk webinar ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, wawasan serta strategi bagi profesi Housekeeper dalam bentuk kontribusi di tempat kerja masing-masing. I Nyoman Sugiarta, CHT (Ketua harian DPP IHKA sekaligus pembicara dalam webinar) memberikan release nya bahwa sinergi keluarga besar IHKA Bali semakin hari dirasakan semakin baik dan solid dalam menguatkan asosiasi ini. “Dalam paparan saya nanti saya juga akan berbagi tips dalam membuka kembali operasional hotel setelah pandemi COVID-19. Agar teman-teman bisa lebih aware dan kontributif dalam mendukung manajemen di unit  masing-masing”, kata Sugiarta.

Mengambil tema “STRATEGIES TO NEW NORMAL OF HOUSEKEEPING OPERATIONS”, Webinar ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2020. Dengan menghadirkan pembicara utama I Ketut Swabawa, CHA (Director Swaha Hospitality / Vice Chairman IHGMA Bali) yaitu salah satu tokoh dan praktisi ahli perhotelan (Level 8) yang juga dosen pada sekolah kepariwisataan, dilanjutkan dengan pembicara lainnya yaitu I Ketut Sukarta (Direktur Kharisma Dewata Abadi)  dan juga I Nyoman Sugiarta, CHT (business owner dan Ketua Harian DPP IHKA). Dihubungi via telepon pada saat persiapan setting venue siang tadi, I Ketut Tusan Ariyasa, Ketua Bidang Pawongan pada Indonesian Housekeeper Association (IHKA) Bali menjelaskan bahwa antusias para housekeeper untuk mengikuti kegiatan seminar online ini sangat tinggi.  “Per hari ini sudah ada 314 pendaftar secara online dari target 500 peserta yang kami sediakan kuotanya sesuai kapasitas aplikasi yang kami gunakan. Dan kami bertambah semangat lagi karena Ibu Sekretaris Menparekraf RI, Giri Adnyani, berkenan untuk memberikan sambutan melalui teleconference video. Hari ini kami melakukan persiapan studio live seminar karena metode ini baru pertama kali kami lakukan sehingga segala sesuatunya diharapkan dapat berjalan lancar nantinya. Setiap tahun kami lakukan kegiatan akbar annual gathering and seminar dengan peserta mencapai 500 orang lebih namun tahun ini kita tidak bisa selenggarakan terkait pandemi COVID-19 ini, jadi seminar online ini menjadi pilihan agar tetap bisa meningkatkan profesionalisme dan wawasan anggota” kata Tusan Ariasa yang juga bertindak selaku Ketua Panitia Penyelenggara seminar online dari IHKA Bali ini.

                     Photo : Sukarta, Swabawa, Sugiarta

Materi yang akan dipresentasikan merupakan rangkaian integral sesuai tema webinar ini. Swabawa sebagai keynote speaker akan membawakan materi berjudul “The 6 Steps to New Normal of Housekeeping Operations Post COVID-19”, dilanjutkan dengan Ketut Sukarta dengan topik “Cleaning Materials Revolution” dan diakhiri oleh  Sugiarta melalui  presentasi “Reopening Hotel Post COVID-19”. Swabawa menjelaskan bahwa wacana ‘new normal’ yang banyak didengar selama ini di berbagai dimensi harus mampu merespon dan mengadaptasikan kondisi sebelum dan setelah pandemi. “New Normal itu bukan hanya bermakna sekedar dibuka kembali atau beraktifitas kembali dengan semangat baru, tetapi ada proses yang mesti dilalui dan sudah bisa dimulai tahapannya sejak masa idle time seperti sekarang ini. Saya akan berbagi tips langkah-langkahnya tidak saja dalam bentuk kerja konkrit, tetapi juga pada mind set, analisa hingga proses nya. Housekeeping memegang peranan penting ke arah itu, karena virus corona ini identik dengan kebersihan dan kesehatan. Transformasi fungsi dan manfaat department ini akan menentukan keberhasilan dan kelancaran tugasnya di masa mendatang” kata Swabawa memberikan keterangan terkait materi yang akan dibawakannya. Hal ini dikuatkan juga oleh Ketut Sukarta yang hadir di persiapan tersebut, bahwa banyak hal yang harus direvolusi untuk menuju new normal. Dijelaskan oleh Sukarta “Saatnya Housekeeper menunjukkan peningkatan kinerja ke arah hygiene dan sanitasi, sesuai standar protokol kesehatan dan mampu menyerap harapan baru customer kedepannya”.

Peserta webinar yang sudah mendaftar bukan saja berasal dari kalangan housekeeper dan supervisor , namun ada juga dari level operations manager, rooms division manager dan bahkan para akademisi bidang divisi kamar, juga terdapat peserta dari luar Bali. Webinar yang dirancang selama 3 jam ini dimulai pada pukul 10:00 WITA dan akan dipandu MC Dwi Vera.

 

Komentar

News Feed