oleh

Kampus Perhotelan BALI MILLENNIUM Tampilkan Suasana Baru

Kampus Bali Millennium BEST merupakan sebuah lembaga pelatihan keterampilan bidang pariwisata dan perhotelan di bawah naungan Yayasan Pembangunan Desa Kuta (YPDK) yang terletak di jantung pariwisata Bali yakni di Jalan Kartika Plaza, Kuta – Badung. Menempati gedung milik sendiri dengan fasilitas yang sangat lengkap merupakan manfaat yang menguntungkan dari sisi kenyamanan para mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan selain didukung oleh para instruktur yang sangat berpengalaman di bidangnya. Menurut Ketua Umum YPDK, Ir. I Gusti Ketut Sujana, MBA, pihaknya terus berbenah dalam menyediakan fasilitas gedung dan sarana pendukung perkuliahan dan praktek sehingga keberadaan kampus tersebut tetap dapat mengikuti perkembangan dan dinamika di industri. “Situasi pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan kita semua harus berdiam di rumah sejak pertengahan Maret 2020, termasuk belajar di rumah. Maka kesempatan ini kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk melaksanakan renovasi gedung baik ruang kelas maupun laboratorium praktek. Saat ini sedang berproses sekitar 85% dan siap digunakan kembali dalam suasana new normal yang akan ditetapkan oleh pemerintah” kata Agung Sujana menjelaskan perihal renovasi gedung yang dilaksanakan.

Praktek bartender mahasiswa jurusan Restaurant Services

Lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa renovasi gedung sebagian besar pada interior gedung untuk memberikan kesan yang modern, dinamis serta menampilkan suasana hotel dalam perkuliahan. Selain itu juga pembaharuan secara massive terlihat pada laboratorium front office yang lebih futuristik dengan suasana cafe and arcade serta receptionist counter yang trendy. “Kita sengaja melakukan perombakan besar pada bagian laboratorium lobby ini karena seperti halnya hotel bahwa front office atau area lobby adalah first impression bagi wisatawan. Mahasiswa akan lebih nyaman karena kami sediakan juga area spot photo dengan background menarik sebagaimana gaya Gen-Z saat ini yang penuh kreatif dan dinamis” tambah pria yang aktif juga di berbagai kegiatan komunitas, adat serta misi sosial ini.

Konter Resepsionis konsep EDOTEL (Education Hotel) di Kampus Bali Millennium

Terkait penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021, Ir. I Made Purba Wilantara, MM – Direktur Bali Millennium BEST menyampaikan bahwa pihaknya mengundur jadwal perkuliahan baru hingga Oktober 2020 mendatang. Hal ini dilakukan mengingat saat ini banyak para orang tua yang masih ragu untuk memutuskan jenjang pendidikan selanjutnya untuk putra-putrinya akibat ambigu masyarakat terkait COVID-19. “Banyak orang tua yang masih ragu apakah sistem perkuliahan akan mengalami perubahan atau bagaimana, disamping juga kita maklumi bersama bahwa kondisi ekonomi saat ini di semua sektor sedang menurun drastis termasuk pendapatan masyarakat. Kami merespon hal tersebut dengan memberi keringanan biaya perkuliahan sebagai bentuk empaty kami pada kondisi saat ini. Dan masyarakat akhirnya memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, potongan biaya hingga 20% – 30% tergantung program study yang dipilih. Dengan potongan biaya seperti itu, kualitas tetap kami perhatikan bahkan ditingkatkan seperti yang kita lihat dengan adanya perbaikan gedung dan penambahan fasilitas laboratorium praktek. Tenaga pengajar juga bersaing dengan lembaga sejenis lainnya, karena kami didukung berbagai asosiasi profesi perhotelan bahkan sekelas Executive Chef, Front Office  Manager, Executive Housekeeper, Rooms Division Manager, Director of Food and Beverages hingga General Manager. Kami telah menandatangani kerjasama dengan semua asosiasi tersebut pada April 2020 selain juga kami dibantu olah para tokoh perhotelan di Bali sebagai konsultan di bidang Akademik, Pemasaran dan juga Kerjasama Industri.” demikian penjelasan Made Purba kepada wartawan Bali Inspirasi.

MOU bersama asosiasi profesi pada April 2020

Kampus Bali Millenium memiliki slogan BEST yang merupakan singkatan dari Bali Executive School of Tourism, diharapkan juga dapat menjadi media pelatihan bagi mereka yang sudah bekerja di industri melalui kelas eksekutif, selain bagi mahasiswa kelas reguler tentunya. Tersedia program 1 tahun dengan pilihan jurusan Rooms Division (housekeeping dan front office), Restaurant Services (food and beverages services dan bartender) dan Culinary Art (food and beverage production). Seiring protokol tatanan era baru (new normal) kedepannya, pihak kampus juga tengah menyiapkan sistem perkuliahan baik teori dan praktek dengan kombinasi tatap muka dan juga dalam jaringan (daring/online). Bagi generasi muda Bali yang belum menentukan tempat kuliahnya saat ini, bisa mendaftar langsung ke alamat kampus  Bali Millennium atau melalui online (bit.ly/daftarBEST)  dan masih bisa mendapatkan fasilitas keringanan berupa potongan biaya kuliah dan juga sistem pembayaran yang dapat diangsur. (SWA/BI)

 

News Feed