oleh

KEMENPAREKRAF Siapkan Handout Untuk Hotel dan Restoran

Era new normal semakin memicu semangat setiap orang untuk melakukan persiapan yang lebih matang ke depannya. Berbagai hal baru tidak terkecuali media pembelajaran dan menambah wawasan adalah termasuk dimensi yang dirambah menuju era tatanan kehidupan baru tersebut. Seperti halnya diskusi ringan yang dikemas dalam  non-formal event LIVETalks! di grup #HotelierNewNormalDevelopment sebuah media sosial, platform model baru belajar bersama untuk persiapan menuju new normal bagi insan perhotelan. Pada sesi yang digelar pada Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 20:00 WITA, menghadirkan narasumber luar biasa Ibu Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc.,CHE (Sekretaris Kemenparekraf / Sekretaris Utama Barekraf RI) dalam topik “The New Spirit Of New Normal Tourism”.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan perhotelan yang telah menginisiasi dan bergabung pada program pengembangan diri untuk menambah wawasan dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan ini. Model baru dalam media sosial seperti ini perlu dikembangkan terus agar dapat bermanfaat bagi hotelier yang membutuhkannya” kata Giri Adnyani memulai diskusi secara live video streaming tersebut mengapresiasi upaya platform diskusi non-formal tersebut.

Memenuhi permintaan moderator tentang motivasi bagi hotelier, wanita asal Tabanan, Bali yang lahir di Denpasar ini menyampaikan bahwa masa pandemi COVID-19 telah menjadi suatu momentum kesadaran akan perlunya proses analisa dan persiapan ke arah yang lebih baik. Dikatakannya bahwa “Pandemi COVID-19  ini adalah wabah kesejagatan, semua bisnis pariwisata menurun bahkan terhenti. Saya lihat ini sebagai masa jeda seluruh pelaku usaha untuk menyiapkan produk yang lebih baik menuju era new normal. Hotel yang biasanya sangat ramai tidak sempat melakukan maintenance , sekarang inilah tepatnya untuk melakukan hal itu. Sikap optimisme seperti itu yang dibutuhkan agar imunitas tubuh kita meningkat. Lakukan hal yang menyenangkan untuk itu, apalagi hotelier dikenal sebagai pribadi yang resilience; lentur dan tangguh. Dan saya melihat hal demikian tampak pada diri rekan-rekan di sini, bergerak dalam diam untuk menyiapkan hal yang lebih baik”.

Hal yang menggembirakan juga untuk pemirsa LIVETalks! malam itu adalah disampaikan bahwa pihak Kemenparekraf tengah menyiapkan Handbook untuk Hotel dan Restoran terkait protokol kesehatan. Giri Adnyani memaparkan bahwa handbook tersebut lebih spesifik sebagai panduan rekan-rekan di industri pariwisata terutama di bidang jasa akomodasi karena di dalamnya dimasukkan juga business process-nya. Salah satu pemirsa di acara tersebut memberikan komentar “Terima kasih Ibu Giri atas informasi yang sangat penting ini karena kami di industri sangat butuh panduan dimaksud agar tidak bingung dengan banyaknya edaran yang ada selama ini”.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pihak Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) No. HK. 01.07/Menkes/382/2020 tertanggal 19 Juni 2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Di dalamnya termasuk juga protokol kesehatan pada industri pariwisata seperti jasa akomodasi.

(Red.S/BI)

News Feed