oleh

Kopitu memiliki peran penting didalam membantu Masyarakat dan Pemerintah

Bali Inspirasi.3/11/2020.Sebagai Asosiasi UMKM yang telah berdiri sejak Tahun 2018, Kopitu memiliki peran penting didalam membantu Masyarakat dan Pemerintah terutama didalam menangani keterpurukan Ekonomi akibat dampak Covid-19.

 


“Beberapa hal yang telah dilakukan adalah dengan menciptakan UKM baru dengan pola mengedukasi masyarakat untuk bertahan dan berusaha dimasa Pandemi ini,selain itu Kopitu juga memfasilitasi bantuan perijinan melalui Fasda (Fasilitator Daerah) dan Fasnas (Fasilitator Nasional) guna menyadarkan Masyarakat betapa pentingnya memiliki UKM yang Legal sehingga mereka bisa mendapatkan program Stimulus yang di galakkan Pemerintah yang menjadi Hak mereka sebagai Warga Negara yang memiliki UKM,
KOPITU juga mendorong Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Swasta untuk berkontribusi terhadap komunitas Masyarakat usia produktif untuk mendapatkan program MAGANG KE LUAR NEGERI, seperti halnya Program Magang ke Taiwan yang dilakukan secara resmi dengan ijin pemagangan berupa SO (Sending Organization) yang diterbitkan oleh Dirjen Binalattas Kemenaker RI dengan pola penempatan magang selama 6 bulan di Taiwan dan mendapatkan benefit berupa tempat tinggal gratis, Makan Gratis dan Uang Saku bersih berkisar 7 Jutaan sampai dengan 10 Jutaan tiap bulannya selama 6 bulan tersebut, sehingga para peserta bisa dikatakan KULIAH DENGAN BIAYA SENDIRI dan memiliki sisa tabungan bersih minimal 12 Jutaan selama 6 bulan tersebut setelah dipakai mengembalikan biaya orang tua mereka kisaran 32 Jutaan.

 


KOPITU juga mendukung Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia yang memiliki job order dari luar Negeri untuk Landbase maupun Seabase tentunya harus dengan pola yang sesuai dengan prosedur perundang undangan yang berlaku di Indonesia.
Hal yang dilakukan di masyarakat adalah membantu mengedukasi Calon Pekerja Migran Indonesia dengan menjelaskan beberapa Pola Penempatan yang resmi seperti G toG (Government to Government), P to P atau B to B (Business to Business) dan Penempatan Mandiri. Sehingga masyarakat jadi paham dan mengerti untuk menghindari para Calo dan Broker yang biasanya sangat merugikan Masyarakat itu sendiri.”ungkap Ketua DPW KOPITU Bali.

“Hal terkini yang kami lakukan adalah mendukung dan membantu DPP KOPITU untuk merealisasikan PROGRAM SISTER CITY antara Pemerintah Korea Selatan dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota di Bali.
Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat membantu Warga Bali pada Khususnya untuk mendapatkan skala prioritas bisa bekerja di Korea Selatan dengan Program Visa E 8.
Demikianlah upaya kami, dengan tulus ikhlas kami lakukan agar dapat bermanfaat bagi Masyarakat dan Pemerintah di Bali.
Gubernur Bali sangat mendukung program yang diselenggarakan Kopitu sehingga beliau merekomendasikan kepada Kepala Dinas yang hadir saat audensi tersebut selalu berkomunikasi dengan Kopitu terkait dengan program yang telah dipaparkan.
Audensi tersebut dihadiri oleh 7 Orang team KOPITU BALI dan Ketua Umum Kopitu ditambah Beberapa Kepala Dinas Propinsi Bali beserta Bapak Gubernur Bali.”

Oleh: Ketua DPW KOPITU BALI
www.komite-umkm.org
www.umkm-kopitubali.com

bali inspirasi

Komentar

News Feed