oleh

“NEW NORMAL HOTEL ENGINEER” ; Pelatihan Melalui Media Online Dimulai Hari Ini

DENPASAR – BALIINSPIRASI.COM (06/07/2020)

Pelatihan vokasi secara online diselenggarakan untuk pertama kalinya di Bali, yakni pelatihan bidang Engineering Perhotelan dengan tema NEW NORMAL HOTEL ENGINEER dimulai pada pagi hari ini, Senin 06/07/2020 melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan Zoom. Disebutkan oleh Ketut Swabawa, CHA melalui telepon ketika usai melaksanakan sesi hari pertama ini, bahwa kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang diisi dengan sambutan Direktur Sekolah Perhotelan Bali, pengenalan instruktur serta sekapur sirih dari asosiasi pendukung yakni Ketua Asosiasi Chief Engineer (ACE) Bali dan Ketua Human Resource Association (HRA) Bali.

“Memang benar kampus kami bisa dikatakan yang pertama kali menjalankan pelatihan vokasi secara online di Bali, karena sejak promosi , pendaftaran, ujian seleksi, pembukaan dan sekarang proses pelatihan hingga sertifikat bagi yang berhasil lulus dengan nilai yang mencukupi juga akan menerimanya dalam bentuk e-certifificate. Ini bukan workshop sehari atau webinar biasa, tapi pelatihan real dalam penguatan SDM menuju new normal tourism khususnya pada bidang profesi Engineer”, kata Manager SPB Engineering Training Center tersebut sebagai penyelenggara kegiatan .

Sambutan Direktur SPB Denpasar

Sementara dalam sambutannya, Direktur Sekolah Perhotelan Bali (SPB), I Made Arya Astina, S.S.,M.Hum menyampaikan bahwa pihaknya berupaya terus menerus dalam menyediakan platform pembelajaran dan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. “Kami apresiasi dan sampaikan terima kasih atas dukungan dari asosiasi dalam hal ini ACE Bali dan HRA Bali sehingga kegiatan ini dapat berjalan. Khususnya di tengah pandemi COVID-19 ini kami berharap semoga rekan-rekan di industri dapat termotivasi untuk senantiasa meningkatkan skill competency-nya tanpa dibatasi oleh kendala physical distancing. Jadi rekan-rekan yang berprofesi sebagai Engineer juga harus mengupayakan pemahaman tentang e-training system untuk bisa sejajar dengan rekan lainnya pada divisi yang berbeda.” tambah Arya Astina penuh semangat dengan dibukanya jurusan baru Engineering Perhotelan ini untuk melengkapi jurusan yang telah ada sejak 20 tahun lalu seperti tata graha, tata hidangan, tata boga, spa dan sebagainya di lembaga yang dipimpinnya.

SPB ETC merupakan lembaga pelatihan dan keterampilan di bawah naungan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Pariwisata  Bali Internasional / STPBI). Kampusnya terletak di Jalan Kecak No. 12 Gatot Subroto Timur Denpasar , Bali. Saat ini IPB Internasional dan Sekolah Perhotelan Bali menampung kurang lebih 3000 mahasiswa yang tersebar di berbagai jurusan dalam program 1 dan 2 tahun, Diploma III dan IV serta jenjang S1.

Dalam sekapur sirih dari I Gede Swastika, ST (Ketua ACE Bali) disampaikan bahwa asosiasi senantiasa berusaha untuk membangun sinergi dengan lembaga pelatihan dalam mencetak SDM engineering yang unggul dan kompeten. “Apalagi di era revolusi industri ini, tuntutan akan penguasaan teknologi informasi adalah mutlak bagi setiap profesi. Jadi kami berterima kasih kepada SPB ETC yang telah melahirkan terobosan yang inovatif untuk melatih adik-adik kami pada junior level Engineer secara online ini” kata Swastika yang baru saja terpilih sebagai Ketua ACE Bali untuk tahun 2020 ini dan menunggu pelantikan yang direncanakan akan dilakukan Oktober mendatang. Swastika juga yang menjadi instruktur pada materi mesin pendingin dalam pelatihan tersebut. Hal serupa juga disampaikan oleh Vira Risnayani (Ketua HRA Bali) yang turut senang dengan adanya pelatihan seperti ini. Vira mengatakan “Kami di asosiasi telah terbiasa melakukan pelatihan secara online untuk anggota kami apalagi di masa pandemi COVID-19 ini. Selain itu kami senang juga karena kegiatan ini berkonsep lintas divisi yakni melibatkan asosiasi engineer, human resource serta kampus pelatihan profesi. Semoga hasil pelatihan ini dapat memuaskan semua pihak yang terlibat dan bisa berlanjut. Kami berharap pelatihan dapat berjalan secara interaktif untuk menghasilkan pemahaman materi yang dalam sehingga dapat diimplementasikan di tempat kerja masing-masing”.

Suasana pembukaan pelatihan Engineering Perhotelan dalam jaringan (daring / online)

Salah satu peserta pelatihan, I Made Sumariawan sempat mengatakan bahwa pelatihan model online ini adalah sesuatu yang baru baginya. Dan merasa senang bisa mendapatkan kesempatan mempelajari hal baru seperti ini.  Terkait target yang ingin dicapai SPB ETC, Swabawa kembali menjelaskan bahwa pihaknya ingin mengenalkan model pelatihan online bagi masyarakat baik mahasiswa maupun karyawan. “Materi utamanya adalah Pelatihan New Normal Hotel Engineer ; selain memberikan pelatihan tentang konsep new normal pada operasional hotel juga dilatih tentang kesiapan Engineering sebagai salah satu divisi dalam manajemen perhotelan dari sisi cognitive skills and interpersonal skills. Sementara pada penekanan technical skills, Pak Swastika akan menyajikan materi Perawatan dan Perbaikan AC model terbaru yang diadaptasikan dengan konsep protokol kesehatan yaitu cleanliness, health dan safety” kata pria yang juga Wakil Ketua DPD IHGMA Bali dan anggota tim Verifikasi kesiapan stakeholder pariwisata di Kabupaten Badung menuju new normal tourism ini.

(red.sb/BI)

Komentar

News Feed