oleh

NYOMAN ASTAMA; Empower Local, Go Global !

Penampilan bersahaja yang senantiasa tampak pada pria kelahiran Denpasar ini menunjukkan bahwa ia adalah sosok pribadi yang memiliki visi dan misi matang dalam setiap aktifitas dan juga sisi hidup pribadinya. Namanya I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA; salah satu tokoh senior dunia perhotelan di Bali yang dipercaya memimpin asosiasi profesi GM hotel sejak 2016 lalu, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali.

Berbagai organisasi dan asosiasi telah diikutinya bahkan terlibat secara aktif sebagai pengurus. Karirnya di dunia perhotelan dimulai pada tahun 1988 sebagai bellboy di sebuah hotel berbintang lima di Nusa Dua, Bali. Berlanjut di berbagai hotel dengan posisi yang tereskalasi dengan sangat baik hingga ke posisi puncak sebagai General Manager di beberapa hotel berbintang dan mewah telah dikelolanya dengan sukses yang sangat luar biasa. Rekan-rekan hotel memanggilnya sebagai “ Pak As “ , sangat tepat dengan perannya sebagai pemegang kartu “As” dalam permainan yang artinya kunci suatu usaha.

Empower Local, Go Global !

Sikap bersahaja yang dituliskan di awal artikel ini sangat kental dirasakan apalagi ketika menyelesaikan suatu masalah. Ia tenang, dalam tenang pikirannya berpetualang menerobos kebelengguan sampai akhirnya … “here it is , take this and problem is solved!” .. masalah selesai ! Tidak hanya sukses di karir, pria yang terakhir menjabat sebagai General Manager pada 2019 di sebuah hotel di kawasan pusat pariwisata Bali yaitu di Legian Kuta, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan suksesinya di kwadran yang lainnya. Tanpa diragukan lagi, pria yang memegang predikat Ahli Perhotelan level 8 bidang kompetensi pengelolaan hotel dari BNSP RI pada 2017 lalu dan predikat Certified Hotel Administrator (CHA) dari American Hotel and Lodging Education Institute (AHLEI), USA sejak tahun 2014 ini akhirnya membuka usaha sendiri sebagai hotel operator dengan bendera NUSA Hospitality. Tidak cukup sampai di sana, Astama juga merambah dunia travel agency dengan jabatan Managing Director pada Pacific Holidays DMC. Terakhir, ia kini juga sebagai pendiri NADA Wellness Center yang bergerak pada bisnis Spa dan Body Treatment selain juga sebagai Co-Founder Stanagiri Management International dengan  posisi sebagai Chief Operations Officer (COO).

Astama ketika menangangi keberangkatan turis Ukraina di tengah pandemi COVID-19 di Ngurah Rai Aiport Bali

Sepak terjang Astama yang menyukai olah raga sepak bola ini dilirik dari negara lain. Setelah melewati masa monitoring atas professional capability dan networking yang dibangunnya, Republic of Ukraine akhirnya mengundang Astama untuk menjajagi kemungkinan kerjasama dengan menempatkannya sebagai Konsul Kehormatan negara tersebut di Bali. Melalui proses wawancara dengan pengambil keputusan di Ukraine yang sudah dilewati sebanyak 2 kali, Astama juga sudah beberapa kali mengunjungi Ukraine untuk proses hal tersebut selain tujuan bisnisnya membawa perusahaan yang dipimpinnya pada market di sana.

Selengkapnya tentang jenjang karirnya adalah sebagai berikut :

1988 : internship Bellboy di Melia Bali dan Patra Jasa
1989 : internship Reservation di Nusa Dua Beach Hotel
1990-2000 : Kartika Plaza Beach Hotel Kuta: Receptionist, Reservation Supervisor, Reservation Manager, Sales Execurive, Sales Manager, Senior Sales Manager, Asst.Dir.of Sales, Director of Sales
2001-2006 : Discovery Kartika Plaza Hotel: Executive Assistant Manager
2006 : GM Rama Beach Resort & Spa
2007-2011 : GM Bali Niksoma Boutique Beach Resort
2012-2017 : Corporate GM PMG Group (Bali Niksoma, The Magani Hotel & Spa, The Bandha Suites & Spa)
2017-2019 : GM Fashion Hotel Legian and Fashion Hotel Renon (Trans Hotels & Resorts)
2019-sekarang : MD The NUSA Hospitality, MD Pacific Holidays DMC, Co-Founder NADA Wellness Management, Co-Founder Stanagiri Management
2020 : Honorary Consul of Ukraine for Indonesia in Bali

Sebagai bentuk sumbangsihnya pada industri pariwisata, Astama sempat menulis buku tentang Pelayanan Berorientasi pada Pelanggan dengan judul The Power of SUCCESS. You! Kunci pelayanan diuraikannya dalam tulisan tersebut sebagai “SUCCESS” dengan akronim Superior Ultimate Customer Care Exceeds Service Satisfaction.  Astama selalu mengedepankan nilai kearifan lokal dalam setiap upaya yang dilakukannya. Prinsip hidupnya : Empower Local, Go Global ! Bahwa industri pariwisata yang digelutinya sejak tamat sekolah dulu telah mengenalkan wawasan dunia kepadanya. Ia menemukan suatu peluang besar bahwa keunikan nilai lokal setiap daerah merupakan unique selling point yang hakiki dan sulit untuk dibandingkan apple-to-apple dengan daerah lainnya. Bukan hanya alam-budaya-seni nya saja, termasuk juga talenta lokal. Jika bisa dikelola dengan baik maka talenta lokal adalah asset yang sangat besar bagi bisnis pariwisata secara internasional.

Tetaplah bersahaja Nyoman Astama, Semoga Sukses selalu mengemban mandat dan memimpin perusahaan untuk mengharumkan nama Bali di dunia internasional.

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-52 PAK ASTAMA (21 Juni 2020)

(swa/BI)

News Feed