oleh

Seribu Pejati di Nusa Penida

Bali Inspirasi.Renon-Denpasar,7September2020-Peppi Sri Wulandari dari Tasikmalaya yang sudah cukup lama tinggal di bali hingga kini,”Sejak sepuluh tahun yang lalu ,saya mendapatkan amanah untuk mempersembahkan seribu pejati di pura yang berada di nusa penida.Hal ini memiliki tujuan yang mulia yakni

 


1. Menghormati adat tradisi dan agama masyarakat bali,dimana pejati merupakan sebuah persembahan kepada Yg Maha Kuasa. Dan kami sebagai masyarakat Sunda yang berada di Bali ingin memberikan penghormatan terbaik kepada masyarakat Budaya dan Tradisi Bali.Selain itu juga
2.Budaya Persembahan adalah Kepercayaan Multi dimensi yg dianut oleh seluruh agama. Di Islam dikenal dg Kurban atau Sedekah. Di Hindu Bali Persembahan sama juga dg Kepercayaan Nasrani yg juga mengenal Perembahan. Dg Tujuan agar Dimudahkan segala Tujuan dan Cita2 semua dan agar Terhindar dari Mara bahaya. Khususnya Saat ini Sedang dilanda Covid agar Bali dan umumnya Indonesia terhindar dari Covid 19.

 


3.Kami sbg masy Sunda merasa sangat Dekat dg Masy Bali merasa sbg Sahabat dan Saudara kandung. Karena konon menurut sejarah salah satu Leluhur Nenek moyang kami Yakni Resi Makandria dari Kerajaan Kendan dan Galuh Sunda sbg Salah satu Pembawa Penyebar Pertama Agama Hindu di Bali. Dimana Putri Beliau Putri Pohaci Bungatak Mangalengale merupakan Prameswari raja Galuh Pertama Prabu Wreti Kendayun yg mempunyai Kedekatan Spiritual dg Masyarakat Bali. Sehingga disini Para Leluhur Sunda dan Bali ada Kedekatan yg sangat Khusus.makanya tidak terlalu salah bila dulu Bali dan NTB disebut sbg SUNDA KECIL. Bukan dlm arti kecil tapi ada Pertautan Budaya tradisi dan Agama yg Khusus dg Masy Sunda Tempo Dulu..
4. Salah satu Pendiri Pure Beskih tercatat konon ikut Berperan Resi Makandria .dimana di Sunda pun ada Pure Pertama yg Pernah di Bangun Resi Makandria pd abad ke 5 abad ke 6 saat masih kerajaan Kendan yg sangat jarang diketahui Umum yaitu Pure candi Bojong Menje di kawasan Ranca Ekek antara Bandung dan Nagreg.yg punya kaitan Erat dg Pure Besakih karena sama2 dibuat oleh orang yg sama yakni Resi Makandria.
Latar belakang:
Menghormati tradisi dan tatacara adat di Bali sbg sarana menyampaikan niat utk kebaikan masyarakat Bali dan bangsa Indonesia.

Harapan dan niat :
* pandemi Covid19 agar segera berakhir, dan rakyat diberikan perlindungan serta keselamatan dari Tuhan YME.
* bisa kembali pulih penghasilan rakyat dan ekonomi di Bali maupun Indonesia
* memohon ridho Tuhan YME, kelancaran dan keberhasilan usaha2 kami, serta masyarakat lainnya.Akhirnya acara persembahan seribu pejati ini bisa dilangsungkan pada 3 Agustus 2020 lalu.”demikian ungkap nya.

Nusa Penida yang merupakan dari propinsi bali menjadi perhatian para wisatawan domestik maupun international,hal ini disebabkan keindahan alam nya yang sangat eksotis.bali inspirasi

Komentar

News Feed