oleh

Sosialisasi Tahap Ke-2 Verifikasi Kesiapan Stakeholder Pariwisata Badung

Mangupura, Badung (Bali Inspirasi)

Dinas Pariwisata Kabupaten Badung menyelenggarakan sosialisasi verifikasi kesiapan stakeholder pariwisata di wilayah tersebut untuk kedua kalinya pada hari Kamis, 25 Juni 2020. Kegiatan yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) ini diikuti oleh perwakilan tempat usaha yang dijadikan pilot project untuk pelaksanaan verifikasi tahap pertama.

Ir. I Made Badra, MM – Kadisparda Badung

Menurut Kadisparda Badung,  Ir. I Made Badra, MM, sosialisasi ini diselenggarakan untuk mematangkan tempat usaha yang menjadi pilot project terkait kesiapannya untuk dikunjungi oleh tim verifikasi yang dibentuk sesuai SK Bupati Badung Nomor 197/041/HK/2020 tertanggal 10 Juni 2020. Ditambahkannya bahwa, “Kami tentukan beberapa jenis tempat usaha yang akan diverifikasi pada tahap awal ini yakni dari usaha akomodasi, destinasi / objek wisata dan mall. Dengan semangat Badung SIAP (Sehat, Inovatif, Adaptif dan Produktif) kami memformulasikan indikator verifikasi menjadi 5 elemen yang terdiri dari Contactless, Cleanliness, Health, Safety dan Extra Mile. Jadi semua elemen kami perhitungkan secara terintegrasi karena kita semua menyadari bahwa penanganan COVID-19 ini harus diambil langkah-langkah strategis dari berbagai aspek”.

Sosialisasi tersebut menghadirkan nara sumber I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA (koordinator tim verifikasi Kabupaten Badung) yang memaparkan dasar pelaksanaan verifikasi, mekanisme serta rincian detail hal-hal yang diverifikasi. Disampaikannya bahwa pengecekan kesiapan stakeholder tersebut juga memperhatikan aspek penyesuaian pada produk, layanan serta sistem pengelolaan. “Selain itu kami juga masukkan konsep 4C yaitu Community (masyarakat), Company (perusahaan), Customer (wisatawan) dan Care-taker (karyawan) sebagai pihak-pihak yang memiliki pengaruh dan terlibat dalam proses kesiapan menuju era new normal”, kata Astama yang juga Ketua DPD IHGMA Bali itu.

I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA

Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta dan tidak terbatas pada proses verifikasi saja, namun juga hal-hal hangat seputar penanganan COVID-19. Para peserta sosialiasi sangat berharap agar proses verifikasi dapat dilaksanakan secepat mungkin dan perlu disiapkan pendampingan dan pelatihan dari dinas terkait secara berkelanjutan untuk jangka panjang.

(swa/BI)

Komentar

News Feed