oleh

SPB ETC Laksanakan Pelatihan Vokasi Sistem Online Pertama di Bali

DENPASAR-BALIINSPIRASI.COM

Dunia pendidikan dan pelatihan juga tidak terlepas dari dampak COVID-19 yang merambah sebagian besar belahan dunia. Tuntutan akan penerapan pola hidup bersih dan sehat tidak terbatas pada kondisi bersih pisik semata atau asupan gizi yang cukup saja, namun termasuk menjaga jarak antar manusia atau dikenal dengan istilah physical distancing. Sebagaimana kita ketahui bahwa peserta didik dan latihan tentunya berkumpul dalam satu ruangan atau laboratorium praktek ketika sedang mengikuti perkuliahan atau pelatihan. Kedepannya karena tidak bisa lagi seperti itu maka tiada pilihan lain lagi maka sistem e-learning adalah pilihan yang tepat dengan kombinasi pertemuan langsung dengan batasan jarak untuk hal-hal yang diperlukan saja.

Menjawab tantangan tersebut, Sekolah Perhotelan Bali Divisi Engineering Training Center (SPB ETC) akan menggelar pelatihan bidang Engineering Perhotelan bagi karyawan hotel yang saat ini tengah menjalani masa unpaid leave akibat pandemi COVID-19. Pelatihan dilaksanakan secara online dalam 5 hari dan telah selesai melewati masa ujian seleksi peserta. Menurut Ketut Swabawa, CHA, jumlah peserta yang mendaftar adalah 23 orang dari hotel bintang 4 dan 5 di kawasan Nusa Dua, Jimbaran, Seminyak, Ubud dan lainnya. Dan yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pelatihan adalah 15 orang. “Pelatihan ini kami selenggarakan secara gratis, sebagai bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kualitas SDM di tengah masa sulit seperti sekarang ini. Ada 2 tujuan yang kami ingin capai dalam pelatihan ini yaitu memberikan suatu bentuk alternatif pelatihan atau perkuliahan secara online untuk menjawab kendala physical distancing serta yang kedua adalah untuk memberikan edukasi bagi dunia industri bahwa pelatihan bagi karyawan sangat perlu dilakukan secara reguler. Dan dengan online pelatihan akan memerlukan biaya yang lebih rendah, tidak perlu listrik yang banyak untuk AC dan penerangan di training room, bahkan bisa diadakan kapan saja sesuai kesepakatan manajemen dengan karyawan. Multiflier effect yang akan muncul juga adalah karyawan terbiasa dengan konsep digital di era transformasi revolusi industri 4.0. ” kata Manajer Operasional SPB ETC ini di tengah kesibukannya memeriksa hasil ujian peserta pada Sabtu (4 Juli 2020).

I Ketut Swabawa, CHA – Manajer Operasional SPB Engineering Training Center

Ditambahkan pula oleh pria yang juga Wakil Ketua DPD IHGMA Bali ini bahwa program yang akan memulai pelatihan pada Senin lusa ini merupakan pelatihan berbasis dalam jaringan penuh pertama kalinya di Bali. Sama sekali tidak ada proses offline atau pertemuan langsung sejak awal hingga akhir acara nanti. ” Sejak launching program ini kami menggunakan konsep video slide, bukan e-flyer lagi karena kalo flyer bisa di print lalu akan berpindah tangan juga. Pendaftaran dibuka sejak 25 Juni hingga 3 Juli 2020 secara online, peserta mengunggah data dan dokumennya melalui formulir elektronik, lalu hari ini ujian online menjawab 10 soal pilihan ganda secara online juga via googleclassroom. Komunikasi antara pendaftar dengan tim kampus kami melalui komunikasi grup Whatsapp. Lalu pembukaan dilanjutkan pelatihan hari pertama menggunakan aplikasi ZOOM. Selain presentasi materi dalam bentuk teori naskah, trainer juga akan menampilkan beberapa video sesuai topik yang dibawakan. Terakhir, bagi yang lulus pelatihan ini akan menerima e-certificate dari lembaga kami. Semua secara online.” jelas Swabawa yang belakangan ini sangat banyak tampak di kegiatan webinar baik lokal Bali maupun Indonesia.

Dari video promosinya wartawan Baliinpsirasi.com dapat mengetahui bahwa pelatihan dengan tema “NEW NORMAL HOTEL ENGINEER” ini berlangsung selama 5 hari sejak 6-10 Juli 2020 dan diisi dengan 2 modules per hari nya. Secara garis besar module terdiri dari topik pengenalan konsep new normal operasional hotel, standar new normal pada divisi Engineering, Teknik perbaikan mesin pendingin dan ujian pelatihan. Sedangkan sebagai trainer adalah Ketut Swabawa sendiri yang memang memiliki predikat Hotel Expert standar kompetensi Level VIII dari BNSP RI serta I Gede Swastika, ST (Komite Asosiasi Chief Engineer Bali) yang sehari-harinya menjabat sebagai Assistant Director of Engineer di Ayodya Resort Bali, Nusa Dua. Kegiatan ini turut didukung oleh Asosiasi Chief Engineer (ACE) Bali serta Human Resource Association (HRA) Bali.

(red.sb/BI)

Komentar

News Feed