oleh

VERIFIKASI KESIAPAN OBJEK WISATA DI BADUNG UTARA LANGSUNG DITINJAU OLEH WAKIL BUPATI BADUNG

BADUNG UTARA – Baliinspirasi.com (10/7/2020)

Sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang mengaktifkan kembali kegiatan pariwisata untuk lokal internal Bali, beberapa objek wisata di Bali sudah mulai ramai  dikunjungi oleh para wisatawan lokal Bali.

Dalam mempercepat reaktivasi objek wisata khususnya di wilayah Kabupaten Badung, Team Verifikasi Kesiapan Pariwisata Kabupaten Badung, hari ini, Jumat 10 Juli 2020 menyasar kawasan Badung Utara untuk melakukan Verifikasi Lapangan ke beberapa Objek Wisata, seperti Taman Wisata Alam Sangeh, Wisata Alam Tirta Petang, Pod Chocolate original, True Bali Experience Carangsari dan Taman Wisata Pura Taman Ayun Mengwi.

Wabup Suiasa didampingi Ketua PUTRI Bali turut meninjau proses verifikasi kesiapan usaha pariwisata di Badung Utara

Verifikasi Lapangan langsung dipimpin oleh Koordinator Team Verifikasi Kesiapan Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA didampingi anggota team dari unsur Asosiasi, Profesi, auditor LSU, Asesor, Tokoh Pariwisata dan unsur pemerintahan Kabupaten Badung seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian & Tenaga Kerja, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pariwisata. Turut mendampingi Verifikasi Lapangan adalah Ketua dan Pengurus PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Bali.   “Kami dari Team Verifikasi Kesiapan Pariwisata Badung sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh pengelola Objek Wisata. Ini menunjukkan semangat untuk beraktivitas kembali dan menggerakkan perekonomian masyarakat. Tentu sebelum dimulai aktivitas pariwisata di masing-masing objek wisata, mesti dilakukan pengecekan kesiapan pasca diaktifkannya kembali kegiatan pariwisata di wilayah Bali, agar sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah,” ungkap Nyoman Astama, Koordinator Team Verifikasi Kesiapan Pariwisata Kabupaten Badung.

Sementara di Taman Wisata Alam Sangeh, rombongan Team Verifikasi  disambut oleh Jro Bendesa Adat Sangeh dan Bapak Camat Abiansemal sebagai tanda keseriusan komponen Desa Adat menyambut aktivitas pariwisata dalam era new normal ini.  Team Verifikasi diantar langsung oleh Bapak Made Mohon, selaku Manajer Pengelola Taman Wisata Alam Sangeh, untuk meninjau secara langsung kesiapan taman wisata yang dihuni oleh sekitar 700 ekor kera tersebut yang belakangan ini sudah ramai mulai dipakai sebagai lokasi foto Pre-Wedding. Tinjauan lokasi selanjutnya adalah Wisata Alam Tirta Carangsari yang menawarkan beberapa pilihan kegiatan outbound untuk para siswa sekolah, team building korporasi, serta kegiatan camping.

Nyoman Astama mengecek kesiapan DTW di Badung Utara

Team Verifikasi disambut langsung oleh pemilik dan sekaligus pengelola Alam Tirta, Jro Mangku Putu Sumerjaya yang langsung mengantar team meninjau fasilitas yang ada. Dalam kesempatan itu Ketua PUTRI Bali, Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha mengatakan, “Ini adalah sangat penting bagi kami, Objek Wisata yang ada di Badung Utara untuk memastikan kesiapan taman-taman rekreasi yang ada. Selama ini verifikasi dilakukan di wilayah Badung Selatan, kedatangan Team Verifikasi melakukan Pengecekan Lapangan ke Badung Utara sangat berarti bagi kami. Dengan kesiapan objek-objek wisata yang ada, maka akan memberikan citra positif kepada calon pengunjung bahwa pariwisata Bali sudah siap”.

Pada saat kunjungan lapangan di Pod Chocolate dan True Bali Experience, bertepatan dengan kunjungan Wakil Bupati, Bapak Ketut Suiasa, ke areal Mengwi sehingga Wakil Bupati bisa langsung meninjau proses Verifikasi Kesiapan yang dilakukan oleh Team Verifikasi. Team Verifikasi langsung disambut dengan penuh kekeluargaan oleh pemilik Pod Chocolate, Bapak Ida Bagus Nama Rupa yang akrab dipanggil Gusde. Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Suiasa menyampaikan, “Pandemi COVID-19 telah dinyatakan sebagai bencana nasional karena itu segala sesuatu yang berkaitan dengan mitigasi dan penganggaran telah menjadi kewenangan pusat. Pemerintah daerah dan Kabupaten/Kota dalam hal ini sebgai pendamping untuk membantu yang belum terjangkau pusat. Salah satu yang kita lakukan adalah melakukan Verifikasi Kesiapan Pariwisata ketika Kegiatan Pariwisata Direaktivasi. Karena pemerintah telah menyatakan bahwa antara keselamatan masyarakat dan ekonomi rakyat harus jalan bersamaan”.

Tim Verifikasi Kabupaten Badung bersama Penglingsir Puri Agung Mengwi di DTW Taman Ayun, Mengwi – Badung

Pengecekan Lapangan ditutup dengan Verifikasi Lapangan di Taman Wisata Pura Taman Ayun yang langsung disambut dengan ramah oleh Penglingsir Puri Agung Mengwi, Bapak Anak Agung Gde Agung, yang juga mantan Bupati Badung dan anggota DPD RI. Beliau menyampaikan bahwa kompleks Pura Taman Ayun yang dibangun oleh leluhur beliau ternyata sudah memperhatikan konsep physical distancing dan menjaga kesucian pura dengan dibangunnya kolam mengelilingi areal pura dan utama mandala. Pengunjung hanya diijinkan sampai di madya mandala namun tetap bisa menyaksikan kegiatan upacara di utama mandala. Beliau juga langsung mengantar team dan Bapak Wakil Bupati meninjau kesiapan Taman Wisata Pura Taman Ayun dan menunjukkan Documentary Room berlayar lebar.

(NA/BI)

Komentar

News Feed