oleh

YPDK Berperan Aktif dalam Memajukan SDM di Kuta, Bali

Kuta yang sangat terkenal di mancanegara dan bahkan sebagai embrio terciptanya industri pariwisata di Bali banyak diminati oleh warga pendatang sebagai tempat mengais rejeki, bukan hanya dari daerah luar Kuta namun juga dari luar Bali bahkan luar negeri. Menyadari hal ini, pembangunan sumber daya manusia warga lokal Kuta perlu mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Syukurnya para tokoh desa Kuta telah menyadari hal tersebut sejak 1974 dengan dibentuknya Yayasan Pembangunan Desa Kuta disingkat YPDK dan bergerak pada lembaga pendidikan. Sampai saat ini, yayasan telah memiliki PAUD, SD, SMP, SMA hingga lembaga pelatihan. Bertepatan pada 17 Januari 2020 hari ini diadakan perayaan ulang tahun ke-44 SMA Kuta Pura milik YPDK yang dirangkaikan pula dengan acara Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Sambutan Ketua YPDK, Ir I Gusti Ketut Sujana, MBA

Dalam sambutannya, Ketua YPDK, Ir I Gusti Ketut Sujana, MBA menyampaikan selamat atas ulang tahun SMA Kuta Pura yang ke-44 dan mengapresiasi atas kinerja dari Kepala Sekolah yang lama Ibu Ni Ketut Suarniti yang mengundurkan diri karena sangat dibutuhkan dalam keluarganya sehingga harus meninggalkan pekerjaan. Beliau juga menjelaskan komitmen yayasan dalam memajukan lembaga pendidikan dengan peningkatan kualitas sarana dan prasana termasuk perbaikan gedung. “Kami sangat sadari bahwa proses belajar mengajar akan bisa nyaman jika semua fasilitas memadai, untuk itu kami dengan bertahap berupaya melakukan perbaikan dengan sistem skala prioritas sehingga keterbatasan dana yang kita miliki di yayasan dapat dialokasikan dengan tepat untuk program perbaikan-perbaikan. Selain itu, kami juga mulai menjalin kerjasama dengan pihak industri untuk menghidupkan kembali Lembaga Pelatihan Ketrampilan yang kita miliki sehingga nanti siswa yang lulus dari SMA Kuta Pura dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke industri pariwisata dalam satu yayasan kita tercinta ini” demikian cuplikan dari Agung Sujana.

Tarian Sambutan Hari Ulang Tahun SMA Kuta Pura Ke-44

Kegiatan yang penuh keakraban dan kekeluargaan tersebut diisi pula dengan acara potong tumpeng perayaan ultah, penyampaian pesan-kesan dari Kepsek yang lama, sambutan Kepsek yang baru, sambutan ketua YPDK, pemaparan perwakilan LPK Bali Millennium Generation BEST, penampilan hiburan dari siswa dalam tarian, lagu dan pemutaran video singkat karya siswa. Dalam sambutan Kepala Sekolah SMA Kuta Pura yang baru, Drs. I Ketut Sudarsa, M.Pd disampaikan bahwa beliau merasa sangat senang dapat membantu pengelolaan sekolah tersebut dan dipercayakan sebagai Kepsek. Menurutnya ini kepercayaan sekaligus kebanggan baginya. “Saya adalah alumni angkatan pertama dari SMA Kuta Pura maka saya sangat senang sekali dipercaya memimpin sekolah yang dulunya mendidik saya. Semoga saya dapat berbuat lebih baik untuk sekolah ini, tentunya berkat dukungan dari seluruh rekan-rekan para guru, staff juga pihak yayasan” kata Beliau.

                     Undangan yang hadir

Lebih lanjut terkait LPK, ketua YPDK menjelaskan bahwa yayasan memiliki gedung dan fasilitas yang memadai untuk perkuliahan profesi perhotelan dan ini bisa membantu siswa yang lulus nanti dari SMA Kuta Pura untuk kuliah di sana. Ditambahkannya, “kami memandang perlu adanya revitalisasi kampus ini agar lebih nyaman, berkualitas dan mampu memenuhi standar-standar yang dibutuhkan di industri. Kami berterima kasih kepada rekan-rekan dari industri yang berkenan memberikan pendampingan untuk penyelanggaraan perkuliahan di LPK Bali Millenium BEST.” Hal ini disambut baik oleh perwakilan praktisi dari industri perhotelan, I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA bahwa kampus perhotelan harus konsisten mengikuti perkembangan di industri dan tidak sebatas pada menyelenggarakan jadwal perkuliahn namun lebih menekankan pada output dan outcome nantinya dapat diterima di tempat bekerja yang bagus serta berkelas. Kata Astama, memang sepantasnya Kuta memiliki banyak lembaga pelatihan dan kampus kepariwisataan yang bagus untuk menenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan professional. “Dan kami dari industri siap mendukung upaya tersebut, untuk menjadikan Kuta sebagai destinasi yang semakin berkualitas dengan SDM lokal yang handal dan professional” pungkas Astama mengakhiri pembicarannya.

 

Komentar

News Feed